Minggu, 24 Juli 2016

PEMOGRAMAN C++ KONSTANTA MODUL 2.3

KONSTANTA

Konstanta adalah jenis identifier yang bersifat konstan atau tetap, artinya nilai konstanta adalah tidak dapat di ubah. Konstanta berguna untuk menentukan nilai yang merupakan tetapan, misalnya nilai phi (π), satuan dari kecepatan cahaya dan sebagainya.
Identifier adalah suatu pengenal atau pengidentifikasi yang didekralasikan agar kompiler dapat mengenalinya. Identifier dapat berupa variabel, konstanta, fungsi, dan kelas.
Dalam menentukan atau membuat identifier pada program, ada beberapa hal yang harus diperrhatikan yaitu: C++ bersifat case sensitive sehingga huruf kapital dan huruf kecil berbeda. Identifier tidak boleh diawal dengan angka. Identifier tidak boleh menggunakan karakter-karakter simbol seperti #, @, ?, !, $, dan lain-lain). Identifier tidak boleh menggunakan kata kunci yang terdapat pada C++, seperti break, return dan lain-lain. Nama identifier sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhannya.
dan dibawah adalah source code-nya 


#include<iostream>
using namespace std;
const int MAX= 5;//konstanta
int main()

{
       int A[MAX];/*deklarasi variabel
                        A dengan konstanta MAX yang diberi nilai 5*/
       for(int c=0;c<MAX;c++)//fungsi perulangan
       {
              A[c]=c*10;//formula
       }
       for(int c=0;c<MAX;c++)//fungsi perulangan for
       {
              cout <<A[c]<<endl;//untuk mencetak nilai dari variabel A
       }
       system("pause");
       return 0;
}

Program diatas akan mengeksekusi dari atas kemudian variable MAX diisi dengan nila 5. Setelah itu terjadi penguangan sebanyak 5 kali mulai dari 0 sampai 4. Nilai c akan dikalikan dengan 10. Baru setelah itu dicetak dengan fungsi cout. Tetapi pada proses pencetakan menggunakan fungsi pengulangan for.
dibawah ini dapat dilihat video dokumentasi pebuatan prograCLICK TO VIEW THE VIDEO TUTORIAL
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar